Pages

COMPUTER, INTERNET AND CELLULAR ZONE

Sabtu, 08 Agustus 2009

Gtalk Messenger

Buat yang belum tahu GTalk, ini adalah aplikasi messenger/chatting dari Google. Ada 3 versi aplikasinya:

  1. Bisa lewat browser (semacam webmessenger),
  2. lewat fitur dalam GMail setelah kita login ke account email kita
  3. atau yang ketiga, versi client yang bisa pakai instalasi ataupun tanpa perlu instal apa pun sudah bisa jalan.

Untuk memakai ketiganya kita harus punya account email di Gmail. Gratis. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya yang beda-beda….aneh memang…kenapa gak dibuat tiap versi fiturnya sama.

Fiturnya memang sangat-sangat kalah banyak daripada Yahoo Messenger (YM) yang sudah sangat terkenal itu. Tapi kalau cuma buat komunikasi atau file sharing, GTalk ini punya kelebihan khas Google daripada YM : enteng instalasinya, efisien dalam pemakaian memori, gak neko-neko (seperlunya saja), dan kalau buat send file cepet banget.

Versi web messenger

Cara aksesnya dengan mengetik alamat ini di browser : http://talkgadget.google.com/talkgadget/popout . Tidak perlu instal, cukup pakai internet browser saja. Kelebihannya dibanding versi Gmail atau client, ada fitur buat group chat, full emoticon, dan statusnya ada pilihan Invisible. Semua fitur itu bisa muncul tanpa tergantung versi browser. Kekurangannya, tidak bisa buat kirim-kiriman file (Send Files) dan tidak bisa buat Voice Call (VOIP).
Tampilannya seperti ini :

Versi Gmail

Kalau yang ini merupakan salah satu fitur yang jadi bagian dari Gmail. Fitur chat dalam email ini yang akhirnya ditiru oleh Yahoo versi beta. Kelebihannya, tidak perlu instal dan terintegrasi dengan email. Versi Gtalk dalam GMail sama dengan versi web messenger, juga bisa chatting dengan teman-teman dari AIM (AOL Instant Messenger - yang biasanya pakai account Hotmail), tapi tidak bisa send files dan tidak bisa VOIP.

Status “Invisible“, full emoticon, dan group chatting (atau conference kalau di YM) bisa muncul jika browsernya yang versi baru pakai IE7, atau Mozila Firefox 2 dan Safari 3. Jika masih pakai browser versi sebelumnya fitur-fitur itu tidak akan muncul. Jadi, silahkan diupgrade dulu browsernya, lalu coba login lagi ke account email GMail anda.

Versi Gtalk client

Yang penting sebenarnya hanya terdiri dari 1 file executable (googletalk.exe) dan 1 file .dll (gtalkwmp1.dll). File exe itu yang kita jalankan buat login dan chatting, sedangkan file .dll itu yang dipakai jika kita ingin menampilkan sebagai status Gtalk judul lagu yg sedang kita mainkan di WinAmp atau Windows Media Player. Tidak bisa status Invisible. Tidak bisa Group chat. Emoticon diketik manual. Tapi untuk versi client ini sudah bisa VOIP dan file sharing.

Jadi tinggal kebutuhan kita mau apa, kalau lagi mau ngumpet statusnya Invisible atau mau group chat pakai yang versi web messenger saja. Tinggal ketik http://talkgadget.google.com/talkgadget/popout di browser. Tapi kalau butuh sharing files atau voice call, jalankan versi clientnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Mau Komentar? Silahkan asal Jangan SPAM

Cari Blog Ini